Sidak Pasar Andi Harun Heran Beberapa Komoditas Mengalami Lonjakan

Mediaetam.com, Samarinda – Wali Kota dan Wakil Wali Kota Samarinda Andi Harun dan Rusmadi Wongso beserta rombongan melakukan tinjauan langsung ke beberapa tempat pusat perbelanjaan.

Sidak pasar yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Samarinda (Mediaetam.com/lst)

Pasar Segiri, Indogrosir, SPBU dan terakhir ke Badan Urusan Logistik (Bulog) merupakan lokasi yang didatangi kedua pemimpin Kota Samarinda tersebut.

“Tujuan kita turun langsung agar bisa memastikan pasokan bahan pangan dan harga cukup menjelang Hari Raya Idulfitri,” ucap Andi Harun.

Seperti yang diketahui, menjelang Idulfitri biasanya pasti akan terjadi kenaikan harga sembako, apalagi yang paling rentan di pasar tradisional.

“Biasanya harga daging, ikan, ayam, dan cabai mengalami peningkatan antara 20 persen sampai 100 persen, terutama harga cabai pasti lonjakannya drastis” sambung dia.

Hasil dari tinjauan lapangan pada hari ini nantinya akan menjadi bahan kajian khususnya bagi Pemkot Samarinda, Bank Indonesia, serta stakeholder lainnya. Sebab daya beli masyarakat merupakan faktor yang mempengaruhi Inflasi.

“Kita akan cari penyebabnya apakah pasokannya kurang sehingga tidak bisa memenuhi permintaan masyarakat. Apakah di pendistribusiannya, atau struktur di pasarnya, seperti adanya pemain,” jelas Andi Harun.

Dia pun merasa heran mengapa hanya beberapa komoditas saja yang mengalami peningkatan. Sedangkan komoditas utama seperti beras relatif aman, jika pun mengalami kenaikan tidak lebih dari lima persen.

“Mudah-mudahan pada lebaran Iduladha mendatang harganya bisa kita tekan. Kita akan evaluasi semua, mulai dari ketersediaan sampai struktur pasarnya,” tutup Andi Harun.(Idham)

 

Bagikan:

About The Author